Epictio

Gunung Talang

Ditambahkan oleh DENAWA

0 reviews

Listed in Pegunungan, Wisata Alam

  • Jalan Talang, Gunung Talang, Solok 27365, Indonesia

Ketinggian: 2.597 meter (mdpl)

Latitude: -0.978333

Longitude: 100.679444

DMS Lat: 0° 58' 41.9988'' S

DMS Long: 100° 40' 45.9984'' E

Hubungi Pemilik Tempat

Hubungi Pemilik Tempat

Untuk menanyakan tentang tempat lengkapi form dibawah untuk mengirim pesan ke pemilik tempat


Gunung Talang yang mempunyai nama lain adalah Gunung Salasi atau Gunung Sulasi terletak di kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Gunung ini merupakan termasuk ke dalam gunung berapi yaitu tepatnya tipe stratovolcano dengan ketinggian 2.597 meter diatas permukaan laut (mdpl).

Gunung ini merupakan gunung berapi dengan aktifitas yang aktif dari salah satu gunung berapi launnya yang berada di provinsi Sumatera Barat. Salah satu kawah gunung ini yang sekarang berubah menjadi sebuah danau yang disebut dengan Danau Talang.Gunung ini pernah meletus dan memuntahkan lahar pana tercatat sejak tahun 1833, tahun 2005, dan tahun 2007.

Sekitar kaki Gunung Talang terdapat pemukiman warga yaitu ada empat kecamatan yang warganya telah bermukim secara menetap. Yaitu; kecamatan Lembah Gumanti, kecamatan Danau Kembar, kecamatan Gunung Talang, dan kecamatan Lembang Jaya. Dengan jumlah penduduk dari seluruh kecamatan tersebut hingga mencapai angka 160.000 jiwa, atau merupakan sepertiga dari jumlah penduduk kabupaten Solok, Sumatera Barat, Indonesia.

Keindahan Alam Gunung Talang

Dari atas puncak Gunung Talang kita bisa melihat keindahan Danau Kembar dan Danau Singkarak. Terdapatnya perkebunan teh dan menjadikan pemandangan lebih menyegarkan dan dilengkapi dengan udara yang masih segar dan lingkungan yang masih terjada keasriannya.

Anda bisa melihat 4 kawah yang masih aktif. Bagi mereka yang lebih suka mendaki gunung, Anda bisa mengagumi bunga edelweiss atau yang lebih dikenal dengan bunga abadi yang tumbuh di sekitar gunung. Duduk untuk merasakan suasana yang nyaman dan melihat pemadangan danau dan sekitar yang indah merupakan pengalam yang menarik.

Gunung Talang tidak hanya memiliki berbagai macam spesies tumbuhan tapi juga memiliki spesies yang langka, salah satu di antaranya adalah kantong semar (Nepenthes sp). Tanaman ini memakan dan mencerna serangga utuk bertahan hidup.

 

Fasilitas dan Akomodasi

Untuk fasilitas dan secara resmi masih belum tersedia di kawasan Gunung Talang, Namun jika anda membutuhkan angkutan atau rumah untuk menginap anda bisa menyewanya dari warga sekitar di kaki Gunung Talang.

Ada warung dan toko di sekitar rumah warga setempat yang menyediakan kebutuhan makanan dan minuman. Namun belum tersedia toko peralatan pendakian atau barang yang mendukung untuk aktifitas hiking.

Sebelum melakukan perjalanan wisata atau pendakian ke gunung ini anda sebaiknya mempersiapkan perbekalan dan peralatan yang akan anda butuhkan selama masa pendakian di rumah atau di kota besar seperti kota Padang yang bisa menyuplai kebutuhan anda. Agar anda bisa nyaman melakukan perjalanan liburan di Gunung Talang.

 

Peta Topografi Gunung Talang

 

Akses Gunung Talang

Lokasi gunung talang sekitar 9 km dari kota Arosuka yang merupakan sebagai ibukota kabupaten Solok, dan sekitar 40 km jika berangkat dari sebelah barat kota Padang.

Transportasi untuk menuju ke lokasi desa terdekat dapat menggunakan kendaraan umum ataupun dengan menyewa angdes. Jika anda akan menyewa kendaraan angdes, maka anda dapat mencarinya di terminal Solok.

Sebelum naik, sebaiknya tawar menawar lah harga terlebih dahulu dengan sopir, biasanya harga yang ditawarkan sekitar Rp 450.000*) untuk perjalanan Pulang-Pergi. Jadi anda akan diantar sampai ke desa terdekat dan di jemput kembali sesuai dengan kesepakatan waktu jemputan.

Jika anda akan menggunakan kendaraan umum, maka dari terminal solok anda dapat langsung naik angdes jurusan Bukit Sileh, ongkosnya sekitar Rp 3.000*) per orang. Kemudian anda dapat turun di desa Jorong Pasar untuk kemudian melanjutkan perjalanan menuju desa Batu Barjanjang, yang merupakan desa terdekat di kaki gunung Talang. Anda dapat menggunakan jasa ojek untuk menuju ke desa Batu Barjanjang ini ataupun dengan berjalan kaki.

 

Rute Pendakian Gunung Talang

Jalur pendakian yang populer adalah dengan berangkat pada gerbang rimba di Desa Bukit Sileh dan Desa Batu Bajanjang.

Selama dalam perjalanan menuju ke desa terdekat gunung ini, anda akan disuguhkan dengan pemandangan perbukitan yang asri disertai perkebunan penduduk di sisi kiri dan kanan jalan. Setibanya di desa terdekat, anda dapat berjalan kaki menuju pintu rimba, melintasi jalanan yang sudah di lapis semen, dengan tetap melewati ladang penduduk yang nampak hijau dan sangat asri.

Karakteristik gunung talang merupakan gunung api aktif dengan vegetasi hutan hujan tropis dan cadas di ketinggian 2500 mdpl ke atas. Hutan gunung ini masih cukup alami dengan banyak kehidupan hewan dan tumbuhannya. Menjelang bulan purnama hutan ini akan ramai dengan suara-suara monyet liar karena merupakan waktu mereka kawin. Selain itu pula suara-suara kicau burung akan sering terdengar selama pendakian.

Awal pendakian yang dimulai dari desa Batu Bajanjang anda akan melintasi ladang penduduk dengan pemandangan hijau memanjakan mata. Medan yang dilalui masih landai dengan kondisi jalur yang sudah di semen. Sampai sekitar 60 menit perjalanan, anda akan tiba di sumber air yang terletak diantara ladang penduduk. Disini anda dapat mengisi perbekalan air karena di perjalanan selanjutnya akan susah ditemui sumber air lagi.

Dari sumber air ini perjalanan anda selanjutnya akan mulai masuk hutan dengan vegetasi tumbuhan menjalar, ilalang, pohon pandan liar dan pepohonan rapat lainnya. Terdapat banyak cabang jalur pendakian disini, namun tidak perlu khawatir karena terdapat satu jalur yang cukup jelas dan lebar yang bisa anda pilih. Harap berhati-hati saat melintasi sepanjang jalur ini karena banyak binatang pacat yang sering menempel di kaki, sebaiknya sering-seringlah untuk memeriksa kaki anda.

Selama perjalanan anda akan melintasi beberapa lahan datar yang bisa digunakan sebagai shelter untuk mendirikan tenda.
Sekitar 20 menit pendakian dari shelter terakhir (2136 mdpl) maka tibalah anda di lokasi Cadas (2500 mdpl).

Tempat ini berupa lahan bebatuan dengan vegetasi yang sudah terbuka. Terdapat pula sebuah rongga di sela bebatuan yang mengeluarkan asap belerang.

Perjalanan selanjutnya anda dapat menuju puncak 1. Selama perjalanan ini anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang lebih terbuka. Hiasan bunga edelweiss dan cantigi yang tumbuh di sepanjang jalur pun akan turut menemani anda. Terdapat sebuah lahan datar yang cukup jika anda ingin mendirikan tenda di jalur ini.

Tiba di puncak 1 pemandangannnya lebih luar biasa lagi. Dari sini anda dapat menyaksikan keindahan panorama danau di atas, danau di bawah dan danau talang. Dari kejauhan tampak pula beberapa gunung lainnya yang berdiri kokoh, seperti gunung Marapi, Singgalang, Tujuh dan Kerinci. Tentunya panorama indah ini cukup untuk membalas penat yang sudah anda rasakan selama pendakian.

Berlanjut dari puncak 1, anda dapat kembali berjalan menuju puncak sejati yang dapat ditempuh sekitar 60 menit lagi. Kondisi jalur yang dilalui cukup terjal dengan vegetasi tumbuhan semak, melintasi alat seismograf BMKG. Tiba di puncak sejati, kembali anda dapat menikmati panorama alam yang disuguhkan. Disini juga terdapat lokasi lahan datar yang cocok untuk mendirikan tenda.

 

Tips Pendakian Gunung Talang

1. Rencanakan perjalanan anda dan lebih baik bertanya kepada petugas atau warga sekitar

2. Persiapkan Fisik dan mental untuk lamanya pendakian yang akan ditempuh

3. Pelajari setiap medan dan rute yang akan ditempuh agar tidak terjadi kesalahan

4. Pempersiapkan perlengkapan yang efektif dan berdaya guna besar

5. Mengatur manajeman logistik dan bahan makanan yang mencukupi

6. Memperoleh izin dan melapor pada pos pendakian yang tersedia

7. Membawa baju hangat dan kupluk, karena pada saat malam suhu akan menurun

8. Tidak merusak alam dan menjaga lingkungan sebaik-baiknya

 

Kesimpulan Gunung Talang

1. Ketinggian Gunung Talang adalah 2.597 meter diatas permukaan laut (mdpl)

2. Merupakan gunung berapi yang masih aktif setelah meletus pada tahun 1833, 2005, dan 2007

3. Kawasan Gunung yang kian asri dengan adanya perkebunan teh

4. Di puncak gunung terdapat sebuah danau yaitu Danau Talang

 

Gunung Talang menghadirkan pesona alamnya yang sangat indah. Pemandangan luas yang bisa anda lihat di puncaknya dijamin akan menggantikan penat dan capai yang anda rasakan. Jika anda berjiwa petualang, jangan lewatkan gunung satu ini.

Jika anda mempunyai informasi lain atau anda mempunyai pengalaman yang menarik tentang XXX. Silahkan jangan ragu untuk menambahkan pengalaman, pendapat, dan komentar anda pada kolom Review (jangan lupa klik bintang untuk rating Gunung Singgalang Sebelum anda mengirim komentar).

Selamat Berwisata!.

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Tambahkan Review Anda

Silahkan masuk untuk menambahkan review.

2014 © All Rigt Reserved - Destination Epic Directory - Epictio - Powered by Sundae Studio.
Lewat ke baris perkakas