Epictio

Cagar Alam Dolok Sibual-Buali

Cagar Alam Dolok Sibual-Buali

Ditambahkan oleh DENAWA

0 reviews

Listed in Cagar Alam, Wisata Alam

  • Jl. Tarutung - Padang Sidempuan, Tarutung, Tapanuli Utara, Sumatera Utara 22411, Indonesia
Hubungi Pemilik Tempat

Hubungi Pemilik Tempat

Untuk menanyakan tentang tempat lengkapi form dibawah untuk mengirim pesan ke pemilik tempat


Cagar Alam Dolok Sibual-Buali terletak di Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, Indonesia, Memiliki luas sekitar 5.000,00 ha, Keputusan Menteri Pertanian RI Nomor: 215/Kpts/Um/8/82, 4 Agustus 1982.

Kawasan Cagar Alam Dolok Sibual-buali secara administratif pemerintahan terletak di Desa Baringin, Marancar dan Tapus, Kecamatan Sipirok, Batang Toru dan Padang Sidempuan Kabupaten Tapanuli Selatan.

Ditetapkan menjadi kawasan Cagar Alam pada tanggal 8 April 1982 sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pertanian No. 215/Kpts/Um/14/1982 dengan luas keseluruhan mencapai lebih kurang 5.000 Ha.

Kondisi Cagar Alam ini masih utuh dan merupakan sumber air bagi daerah sekitar kawasan. Disamping itu juga, kawasan ini mengandung potensi geothermal atau panas bumi yang sangat besar.

Flora didominasi oleh famili Euphobiaceae, Myrtaceae, Anacardiaceae dan Moraceae, Dipterocarpaceae, Rafflesia sp, Pinus merkusii Strain Tapanuli dan lain-lain. Keadaan vegetasi tadi di lapangan masih relatif baik bahkan belum diganggu, didalam hutan masih banyak ditemui pohon-pohon yang berdiameter 1m. Disamping jenis pohon-pohon besar yang disebut, pada strata kedua banyak ditemui anakan pohon dan perdu yang rapat, juga banyak dijumpai anakan pohon dan perdu yang rapat, juga banyak dijumpai tumbuhan berbunga dan anggrek hutan. Dalam kawasan ini banyak dijumpai sumber air dan sungai-sungai kecil yang berair jernih dan dingin. Potensi panas bumi dalam kawasan telah dimanfaatkan dengan menggali beberapa sumur uji coba yang hasilnya sangat memuaskan. Jenis fauna pada kawasan ini bervariasi, menurut kabar terakhir diperkirakan masih terdapat Orang utan (Pongo pygmaeus), satwa yang lain adalah Pelanduk (Tragulus napu), Kijang, Trenggiling, Beruang madu, Landak (Hystrik branhyura), Siamang (Symphalangus syndactylus), Kucing Batu (Felis marmorata), Ungko(Hylobates agilis) dll. Jenis burung Poksai jambul putih (Garrulax leucophus), Julang (Rhyticeros undulatus), Celepuk (Otus sp), Matahari ekor panjang (Heterophasia picaides).

Fasilitas dan Akomodasi Cagar Alam Dolok Sibual-Buali

Untuk fasilitas secara resmi masih belum tersedia di kawasan Cagar Alam Dolok Sibual-Buali, Namun jika anda membutuhkan angkutan atau rumah untuk menginap anda bisa menyewanya dari warga sekitar di kaki Cagar Alam Dolok Sibual-Buali.

Ada warung dan toko di sekitar rumah warga setempat yang menyediakan kebutuhan makanan dan minuman. Namun belum tersedia toko peralatan liburan atau barang yang mendukung untuk aktifitas liburan dan hiking.

Sebelum melakukan perjalanan wisata atau liburan ke cagar alam ini anda sebaiknya mempersiapkan perbekalan dan peralatan yang akan anda butuhkan selama masa persiapan wisata di rumah atau di kota besar yang bisa menyuplai kebutuhan anda. Agar anda bisa nyaman melakukan perjalanan liburan di Cagar Alam Dolok Sibual-Buali.

Akses Cagar Alam Dolok Sibual-Buali

Lokasi ini dapat dicapai dengan kendaraan melalui route : Medan – Tarutung dan Sipirok lebih kurang 350 Km sekitar 7 jam perjalanan.

Kawasan ini sangat ideal untuk penelaahan hutan alam daerah pegunungan, juga dapat dijadikan sebagai sumber plasma nutfah, kekayaan flora/fauna dapat dijadikan obyek penelitian. Dengan perkiraan adanya Orang Utan kawasan ini dapat diusulkan sebagai Stasiun Rehabilitasi/penelitian Habitat dan Populasi.

Peta Cagar Alam Dolok Sibual-Buali

Tips Wisata di Cagar Alam Dolok Sibual-Buali

1. Rencanakan perjalanan anda dan lebih baik bertanya kepada petugas atau warga sekitar
2. Persiapkan Fisik dan mental untuk lamanya perjalanan yang akan ditempuh
3. Pelajari setiap medan dan rute yang akan ditempuh agar tidak terjadi kesalahan
4. Pempersiapkan perlengkapan yang efektif dan berdaya guna besar
5. Mengatur manajeman logistik dan bahan makanan yang mencukupi
6. Memperoleh izin dan melapor pada pos wisata yang tersedia
7. Membawa baju hangat dan kupluk, karena pada saat malam suhu akan menurun
8. Tidak merusak alam dan menjaga lingkungan sebaik-baiknya

Informasi Lain Cagar Alam Dolok Sibual-Buali

Jika anda mempunyai informasi lain atau anda mempunyai pengalaman yang menarik tentang Cagar Alam Dolok Sibual-Buali. Silahkan jangan ragu untuk menambahkan pengalaman, pendapat, dan komentar anda pada kolom Review (jangan lupa klik bintang untuk rating Cagar Alam Dolok Sibual-Buali Sebelum anda mengirim komentar).

Tambahkan Review Anda

Silahkan masuk untuk menambahkan review.

2014 © All Rigt Reserved - Destination Epic Directory - Epictio - Powered by Sundae Studio.
Lewat ke baris perkakas