Epictio

Cagar Alam Batu Gajah

Cagar Alam Batu Gajah

Ditambahkan oleh DENAWA

0 reviews

Listed in Cagar Alam, Wisata Alam

  • Cagar Alam Batu Gajah
Hubungi Pemilik Tempat

Hubungi Pemilik Tempat

Untuk menanyakan tentang tempat lengkapi form dibawah untuk mengirim pesan ke pemilik tempat


Cagar Alam Batu Gajah merupakan Kawasan Suaka Alam yang secara administratif pemerintahan terletak di Desa Pematang Kecamatan Pangaribuan Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, 0,80 ha, Keputusan Menteri Pertanian RI Nomor: 923/Kpts/Um/12/82, 27 Desember 1982.

Cagar Alam Batu Gajah ditetapkan sebagai kawasan alam pada zaman pemerintahan kolonial Belanda, yakni dengan peraturan ZB. Nomor 24 tgl. 18 April 1924 dengan luas 0,80 Ha.

Konon seritanya kawasan Cagar Alam Batu Gajah ini, dahulunya merupakan tempat beribadah bagi para umat pemeluk agama Hindu, karena itu tempat ini dianggap keramat.

FLORA DAN FAUNA

Didalam kawasan Cagar Alam Bagu Gajah terdapat berbagai jenis flora berupa tumbuhan sekunder diantaranya adalah : Tusam (Pinus merkusii), Pulai (Alsnia scolaris), Aren (Arenga sp), Bambu (Bambussa sp), Pakis-pakisan, dan lain-lain.

Fauna yang dapat dilihat baik di dalam maupun disekitar kawasan adalah berbagai jenis burung antara lain, tekukur, pergam, kutilang, mamalia kecil seperti musang, kera, babi hutan dan lain-lain. Sekitar kawasan adalah berupa lahan persawahan dan perkampungan yang cukup padat, ternak penduduk sering digembala di lokasi ini.

PERANAN KAWASAN

Didalam kawasan Cagar Alam Batu Gajah disamping potensi flora dan faunanya, juga kaya akan peninggalan benda-benda bersejarah yang mempunyai nilai historis religius, yang bagi pemeluk agama hindu sebagai tempat beribadah.

Benda-benda bersejarah dimaksud berupa batu-batuan yang berbentuk khas seperti : Batu Gajah (batu yang bentuknya menyerupai gajah) sebanyak 2 buah, Batu katak sebanyak 1 buah, Batu Ulok (Ulok berasal dari daerah Tapanuli yang berarti ular) sebanyak 1 buah, Batu lesung sebanyak 1 buah dan Batu Karang sebanyak 1 buah.

Prasarana dan sarana pendukung yang terdapat di dalam maupun disekitar kawasan berupa jalan setapak termasuk yang sudah permanen yaitu tangga dibeton, mempermudah pengunjung masuk. Dalam kawasan terdapat sungai yang dimanfaatkan penduduk karena airnya jernih mengalir sepanjang tahun.

Bagi pengunjung tersedia penginapan dan rumah makan di Tiga Dolok yang memadai, kurang lebih 3 Km dari lokasi.

Melihat potensialnya kawasan ini tidak berlebihan apabila kawasan ini juga dijadikan kawasan Cagar Budaya.

Fasilitas dan Akomodasi Cagar Alam Batu Gajah

Untuk fasilitas secara resmi masih belum tersedia di kawasan Cagar Alam Batu Gajah, Namun jika anda membutuhkan angkutan atau rumah untuk menginap anda bisa menyewanya dari warga sekitar di kaki Cagar Alam Batu Gajah.

Ada warung dan toko di sekitar rumah warga setempat yang menyediakan kebutuhan makanan dan minuman. Namun belum tersedia toko peralatan liburan atau barang yang mendukung untuk aktifitas liburan dan hiking.

Sebelum melakukan perjalanan wisata atau liburan ke cagar alam ini anda sebaiknya mempersiapkan perbekalan dan peralatan yang akan anda butuhkan selama masa persiapan wisata di rumah atau di kota besar yang bisa menyuplai kebutuhan anda. Agar anda bisa nyaman melakukan perjalanan liburan di Cagar Alam Batu Gajah.

Akses Cagar Alam Batu Gajah

Untuk mencapai kawasan Cagar Alam Batu Gajah dapat ditempuh dengan route sebagai berikut :

– Medan – Tebing Tinggi – Pematang Siantar – Dolok Pangaribuan (Tiga Dolok) dengan jarak 153 Km dan waktu ditempuh selama lebih kurang 3 sampai dengan 4 jam.

– Medan – Berastagi – Kabanjahe – Tiga Runggu – Prapat – Dolok Pangaribuan (Tiga Dolok) sekitar 202 Km dengan waktu tempuh lebih kurang 5 jam.

Dari Dolok Pangaribuan perjalanan masih dilanjutkan menuju desa terdekat dengan Kawasan, yaitu Desa Pematang sejauh lebih kurang 3 Km. Dari Desa Pematang dengan berjalan kaki memasuki lokasi sejauh lebih kurang 1 Km.

Peta Cagar Alam Batu Gajah

Tips Wisata di Cagar Alam Batu Gajah

1. Rencanakan perjalanan anda dan lebih baik bertanya kepada petugas atau warga sekitar
2. Persiapkan Fisik dan mental untuk lamanya perjalanan yang akan ditempuh
3. Pelajari setiap medan dan rute yang akan ditempuh agar tidak terjadi kesalahan
4. Pempersiapkan perlengkapan yang efektif dan berdaya guna besar
5. Mengatur manajeman logistik dan bahan makanan yang mencukupi
6. Memperoleh izin dan melapor pada pos wisata yang tersedia
7. Membawa baju hangat dan kupluk, karena pada saat malam suhu akan menurun
8. Tidak merusak alam dan menjaga lingkungan sebaik-baiknya

Informasi Lain Cagar Alam Batu Gajah

Jika anda mempunyai informasi lain atau anda mempunyai pengalaman yang menarik tentang Cagar Alam Batu Gajah. Silahkan jangan ragu untuk menambahkan pengalaman, pendapat, dan komentar anda pada kolom Review (jangan lupa klik bintang untuk rating Cagar Alam Batu Gajah Sebelum anda mengirim komentar).

Tambahkan Review Anda

Silahkan masuk untuk menambahkan review.

2014 © All Rigt Reserved - Destination Epic Directory - Epictio - Powered by Sundae Studio.
Lewat ke baris perkakas